Palembang - Wali Kota Palembang Harnojoyo mengingatkan dan mewanti-wanti jajarannya untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan menggerakkan masyarakat peduli lingkungan. Hal itu diungkapkan Harnojoyo, usai memimpin rapat menghadapi penilaian tahap kedua Adipura, di Ruang Parameswara Setda Kota Palembang, Kamis (9/2/2017).

Harnojoyo mengatakan, awal bulan depan kebersihan Kota Palembang akan dinilai oleh tim Kementerian Lingkungan Hidup RI.

Penilaian meliputi banyak aspek. Mulai dari kebersihan sungai, jalan protokol, taman, pasar tradisional, sekolah dan titik-titik lainnya.

“Satu saja dari aspek-aspek itu kotor, tentu berdampak pada penilaian Adipura. Karena itu, harus terus dijaga kebersihan lingkungan,” ujar Harnojoyo.

Salah satu upaya untuk memotivasi akan kepedulian lingkungan, kata Harnojoyo, adalah dengan mengadakan lomba kebersihan di kelurahan.

“Dengan lomba ini, kelurahan akan terus berupaya menjaga kebersihan lingkungannya. Kebersihan bukan hanya untuk Adipura saja. Kita untuk Kota Palembang yang senantiasa bersih dan rapi,” Harnojoyo mengatakan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang, Faizal AR, menerangkan, penilaian Adipura ada tiga tahap.

“Penilaian kita sekarang ini ada di angka 72,11. Artinya kategorinya cukup baik. Namun memang ada daerah yang belum rapih dan bersih. Ke depan akan kita terus bersihkan. Kami juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan agar Kota Palembang semakin Indah dipandang,” ujar Faizal. (*)