Palembang - Wali Kota Harnojoyo menyatakan Pemerintah Kota Palembang sangat perhatian dengan aspek pendidikan. Ini dibuktikan dengan alokasi dana yang disiapkan Pemkot Palembang untuk pendidikan, yang melampaui ketentuan 21 persen dari yang diamanatkan Undang-Undang. Dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota Palembang senilai Rp 3,2 triliun, “Sekitar 38 persen alokasi untuk pendidikan,” ujar Harnojoyo di SD Negeri 129 Palembang, Senin (13/2/2017).

Harnojoyo hadir di sekolah itu untuk meresmikan gedung baru Sekolah Dasar Negeri, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN), Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) se Kota Palembang, periode 2013 – 2016, serta melauching program bantuan pembelajaran dan pemberian bantuan kepada siswa kurang mampu.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan sejumlah prastasti sekolah SD hingga SMK negeri.
Di Palembang, kata Harnojoyo, ada 248 bangunan SD Negeri. Dari jumlah itu, baru 60 persen yang tersentuh pembangunan.

“Sisanya masih bangunan lama. Dan ini menjadi tugas Pemkot Palembang untuk ke depannya memperbaiki semua gedung sekolah,” ujar Harnojoyo.

Ia membandingkan bangunan gedung SMA dan SMKN lima tahun lalu yang kondisinya sudah bagus. Tapi sekarang SMAN dan SMKN diambil alih provinsi.

“Sejak diambil alih, subsidi sebesar Rp 21,3 miliar untuk sekolah gratis pun ditiadakan. Namun, Pemkot Palembang tetap komitmen, Pendidikan di Palembang akan digratiskan untuk tingkat SD dan SMP, melalui program bantuan pembelajaran,” kata Harnojoyo.

Di acara tersebut, Harnojoyo juga berpesan agar guru dan murid tetap menjaga kebersihan lingkungan.

“Pelajar jangan ikut tawuran. Jangan coba-coba narkoba.”

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto, mengatakan, ada 79 bangunan SD Negeri yang telah rampung direnovasi, 26 gedung SMPN, 6 gedung SMAN, 6 gedung SMKN, 1 satu  gedung UPTD, dan 1 gedung dinas pendidikan.

“Semua pembangunan gedung telah diselesaikan tahun 2016. Sisa gedung yang belum akan dituntaskan hingga tahun 2021 mendatang,” Zulinto menyebutkan.

Ia menambahkan, anggaran untuk pendidikan di Palembang juga mencapai 38 persen. “Dulunya hanya 11 persen.”

Di acara tersebut, Wali Kota Harnojoyo juga memberikan bantuan kepada 400 siswa kurang mampu di kota ini. (*)