Palembang - Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda meresmikan Sumeks Creative Preneurship Student Fair 2017 di Palembang Indah Mall, Jum'at (17/03/2017). Melalui kegiatan tersebut diharapkan merangsang kreatifitas anak bangsa. Kegiatan yang berlangsung mulai 17-16 Maret 2017 diikuti oleh sekolah-seolah di Palembang yang mengisi 26 stand yang telah disediakan panitia.

Dikatakan Fitrianti,  era pertumbuhan populasi manusia yang pesat, tentu hal ini berdampak terhadap  tingkat penganguran, sebab semakin  sulit untuk mencari pekerjaan, dengan kegiatan seperti ini, menumbuhkan bibit  baru lebih kreatif, dan menemukan bakat lebih awal.

"Saya berharap kepada seluruh pihak, baik Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, media, dan seluruh masyarakat untuk berperan dalam meningkatkan keratifitas anak-anak. Ke depan di sekolah-sekolah akan diperbanyak pelajaran muatan lokal untuk hal-hal semacam ini,"  ungkapnya.

Terlebih, saat ini minat anak muda berkurang untuk bergelut di dunia industri kreatif, hal ini dia ketahui setelah beberapa kali ia berkunjung ke industri kreatif di Palembang.

"Beberapa waktu itu, saya berkunjung ke Kampung Kain Tuan Kentang, di sana saya melihat langsung proses pembuatan kain tradisional, saya melihat langsung mulai dari memilih benah, menenun, mewarnai, hingga mengemas. Dari situ saya mengetahui tidak banyak anak muda yang tertarik untuk mengeluti dunia ini.

Saya juga berkunjung ke Kampung Kapitan melihat langsung pembuatan pempek, saya lihat yang membuat rata-rata ibu-ibu. Padahal anak-anak bisa mencontoh. Negeri ini kekurangan anak-anak yang ingin terjun di industri kreatif. Maka, pada kesempatan yang baik ini, kita dapat menularkan kreatifitas kepada anak-anak, hingga mereka dapat mengenal, mencintai budaya sendiri, dan bisa menjadi bekal untuk masa depannya,"  ulasnya.

Diakuinya usia meninjau stand-stand yang memamerkan berbagai karya anak-anak sekolah, ia sangat bangga dan senang, ternyata anak-anak sekolah di Palembang kreatif-kreatif.

"Saya sangat bersyukur, ternyata karya anak-anak bagus-bagus sekali. Kami mendukung kegiatan yang mengasah kreatifitas anak," tutupnya.

Wakil Manager Sumatera Ekspres, Mahmud dalam sabutannya mengatakan kita mewadahi kreatifitas anak, bangsa yang besar yang bisa menghargai karya anak bangsa, agar anak bangsa bisa bersaing  dunia global.