Palembang - Dunia informasi menjadi hal yang sangat penting dalam perkembangan sistem kehidupan. Hal itulah yang membuat Walikota Palembang Harnojoyo menganggap pentingnya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dikukuhkan hari ini, Kamis (13/7/17) di Hotel Ultima Horizon Palembang.

"Alhamdulillah hari ini 1.070 Kelompok Informasi Masyarakat dikukuhkan, setelah fakum cukup lama. Kita berharap adanya KIM di 107 Kelurahan ini dapat menjadi akses informasi bagi seluruh masyarakat Kota Palembang," sampainya usai acara pengukuhan.

Lebih lanjut disampaikan Harnojoyo, Kota Palembang saat ini menjadi salah satu kota incaran investor untuk menanamkan modalnya. Hal itu jelas membutuhkan suasana membangun investasi yang kondusif.

Pemberitaan hoax atau bohong, dapat menjadi masalah serius, jika tidak ada penanganan serius terhadap sumber informasi, agar tidak mengganggu proses tersebut.

"Kota Palembang tengah gencar melakukan pembangunan ini terlihat dari banyaknya pembangunan infrastruktur yang dilakukan. Saat ini pembangunan LRT, juga ada jembatan Flyover di simpang bandara dan keramasan, jadi perlu ada unformasi yang jelas terkait berbagai sisi kota palembang, termasuk keamanan," sampainya.

Dalam kesempatan itu, Harnojoyo menerangkan, ada empat pembangunan yang diusulkan kepemerintah pusat, seperti pembangunan dua Flyover yang ditengah dilakukan pembangunan, underpass simpang charitas dan flyover simpang Sekip.

“Insaallah tahun depan dua pembangunan tersebut dapat direalisasikan,” tegasnya.

Dilokasi pembangunan simpang Charitas dan simpang Sekip terlalu banyak utilitas yang harus diselesaikan, terlebih guna menghindari kemacetan yang lebih lagi, karena itu baru bisa tahun depan di realisasikan.

"Kita akan menghadapi perhelatan olahraga Asian Games. Peran KIM yang diketuai Lurah setempat, hatus dapat memberikan kenyamanan selama perhelatan berlangsung," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Palembang Yanuarpan Yani mengatakan, KIM akan bertugas sebagai penyambung lidah untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat untuk menghindari informasi hoak.

"KIM inilah yang akan menyebarluaskan informasi setiap hasil pembangunan dan kebijakan yang akan diambil pemerintah untuk kemajuan Palembang," tegasnya.

KIM ini juga nantinya, sebagai sarana informasi dua arah dari masyarakat kepemerintah untuk menampung aspirasi masyarakat guna disampaikan ke pemerintah.

"KIM ini juga sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat," tegasnya.

Mereka setelah resmi dilantik, akan menjadi duta informasi disetiap lingkungan ditempat mereka tinggal.

"Disetiap kelurahan ada 10 orang yang kita lantik, jadi totalnya sebanyak 1.070 KIM yang diketuai oleh lurah," katanya