Palembang - Teriakan dan kebahagiaan yang terpancar dari raut wajah ratusan anak-anak berseragam sekolah terlihat berjajar rapi di sepanjang bahu jalan, Kamis (3/8/2017). Tepuk tangan yang meriah dari para pelajar maupun masyarakat Kota Palembang untuk menyambut piala adipura yang diarak dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin 2 menuju Benteng Kuto Besak (BKB).

Mereka pun mengenakan seragam sekolah lengkap membawa bendera Merah Putih sebagai lambang nasionalisme.

Seperti diketahui, Kota Palembang tahun ini berhasil meraih 4 penghargaan di bidang lingkungan hidup yakni Adipura untuk kategori Kota Metropolitan, Taman Kota Terbaik, Adiwiyata Mandiri dan Kampung Iklim Terbaik di Kelurahan 2 Ilir.

Untuk Adipura, Palembang kembali berhasil mempertahankan piala bergengsi ini untuk kesebelas kalinya.

Keempat penghargaan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK RI), Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wana Bakti, Rabu (2/8/2017) tadi malam.

Piala Adipura tersebut selanjutnya diarak dimulai dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sampai ke Benteng Kuto Besak (BKB), hari ini.

"Kita sangat mengapresiasi Kota Palembang, walaupun saat ini sedang banyak pembangunan tetapi masih bisa menjaga kebersihan kota dan lingkungannya," kata Menteri LHK RI, Siti Nurbaya.

Sementara Walikota Palembang, H Harnojoyo mengatakan, keberhasilan Kota Palembang dalam meraih penghargaan ini harus menjadi motivasi bagi warga Palembang untuk makin mencintai lingkungan.

“Ke depan Palembang harus lebih bersih lagi dan masyarakat pun harus punya kesadaran untuk menjaga dan mencintai lingkungan dengan cara menjaga kebersihan,” ungkapnya.