Palembang - Pemerintah Kota Palembang melalui Tim Pengerak Pembinaan Kesejahtraan Keluarga (PKK) terus mengkampanyekan gemar makan ikan kepada masyarakat. Untuk itu, Tim Pengerak PKK Kota Palembang bekerjasama dengan produsen peralatan rumah tangga bermerek Maxim mengadakan lomba masak berbahan dasar ikan.

Ketua Tim Pengerak PKK Kota Palembang, Selviana Harnojoyo melalui Panitia Lomba, dr Fauziah mengatakan lomba masak berbahan dasar ikan bertujuan untuk memasyarakatkan olahan ikan di masyarakat. Sekaligus promosikan kuliner khas Palembang, yang mana banyak yang berbahan dasar ikan, misal pempek, tekwan, model, kemplang, pindang, dan lainnya.
 
Sebenarnya lanjut dia, perlombaan seperti ini bukan yang pertama, namun kali ini pihaknya mengandeng pihak swasta, yakni Maxim untuk menghelat acara ini. "Sebenarnya Maxim sudah beberapa kali mengadakan di kota-kota di Indonesia, dan Palembang baru dapat kesempatan hari ini," ujarnya disela-sela kegiatan Happy Cooking With Maxim di Halaman Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Jalan Tasik,  Minggu (6/8).
 
Disebutkan dia, ada dua kategori dalam perlombaan ini, pertama ibu hebat, lomba memasak berbahan dasar ikan, dan kedua, berpasangan,  lomba masak nasi goreng berkreasi. Untuk lomba ibu hebat ikuti oleh 40 tim  dari Tim PKK 16 Kecamatan, sedangkan lomba nasi goreng diikuti oleh masyarakat umum.
 
Maka, ia pun berharap melalui lomba ini dapat meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, terlebih mengingat betapa besar manfaatnya untuk tubuh. " Ayo budayakan makan ikan, sebagai salah satu sumber protein," tuturnya.
Sementara Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan Palembang memiliki ratusan kuliner tradisionalnya, yang tak sedikit yang mengunakan ikan sebagai bahan baku. Melalui kegiatan ini, mari bersama-sama perkenalkan masakan khas Palembang supaya mendunia.
 
"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Terima kasih kepada Maxim dan pihak-pihak lainnya," ungkapnya.
Namun, dia menegaskan kepada seluruh peserta dan panitia untuk menjaga kebersihan. "Sekses acara ini, jika selasai acaranya kembali bersih,"  ujarnya.