Palembang - Langkah Walikota Palembang H. Harnojoyo untuk membawa pempek ke kancah internasional mendapatkan apresiasi positif dari berbagai pihak. Mereka mengapresiasi langkah orang nomor satu di Kota Palembang ini karena dinilai mampu menaikkan level makanan khas Palembang hingga tingkat internasional.

Salah satu apresiasi datang dari tokoh nasional ketua yayasan malaya Husni Tamrin. Husni Tamrin mengungkapkan apa yang dilakukan Walikota Palembang Harnojoyo sangat tepat dan patut mendapat apresiasi, karena dengan visi membawa pempek go international, Harnojoyo bukan hanya membawa nama pempek, namun mambawa Palembang secara keseluruhan. 
 
"Pempek ini kan sudah menjadi identitas, maksud dari identitas itu adalah refleksi secara keseluruhan, dimana jika orang mendengar kata pempek maka yang ada di dalam bayangan orang tersebut bukan hanya pempek tapi Palembang, sungai, musi, ampera, budaya palembangnya dan semuanya yang berkaitan dengan Palembang, jadi jika Pak Harnojoyo berhasil membawa pempek go international  berarti beliau berhasil membawa Palembang secara keseluruhan mencapai level internasional, tentu ini sangat Bagus sekali, kami sangat apresiasi dan mendukung penuh langkah pak Harnojoyo" Ungkap Husni Tamrin saat diwawancarai, Sabtu (9/9).
 
Lebih lanjut Husni Tamrin berharap dengan dibawanya pempek go international maka akan menjadikan Palembang semakin terkenal dan mendunia. 
 
"Harapan kita kedepan, jika pempek sudah go international, maka Palembang akan semakin mendunia, kita akan terbayang bagaimana budaya palembang akan dikenal diseluruh dunia, sejarah membuktikan kita mampu dengan kerjaan Sriwijayanya, jadi saya yakin hal ini bukan sesuatu yang mustahil, dan langkah yang dilakukan Harnojoyo sangat tepat, langkah awal membawa pempek go international, saya yakin produk yang lain khas Palembang akan menyusul" Kata Pria yang juga menjabat sebagai ketua Al Wasiyah Palembang ini. 
 
Seperti diketahui sebelumnya, keseriusan Walikota Palembang H. Harnojoyo untuk membawa pempek go international ditunjukkan dengan menggandeng para pengusaha pempek di Palembang dan memfasilitasi mereka dalam satu wadah, serta memberi dorongan dan siap memafasilitasi agar para pengusaha pempek bisa mebuka usaha pempek di luar negeri