Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus mengupayakan pendidikan yang merata bagi setiap anak di Kota Palembang, khususnya yang berkebutuhan khusus dan dari keluarga pra sejahtera.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda (Fitri) disela kegiatannya meninjau progres program Kotaku di jalan Rupit Kecamatan Ilir Timur (IT) I, Selasa (5/12) saat mengunjungi salah satu warganya yang menyandang disabilitas atau anak berkebutuhan khusus (ABK) yang bernama Almira (13).

Dikatakannya, pendidikan merupakan hal yang paling penting untuk setiap anak terutama yang berkebutuhan khusus dan keluarga pra sejahtera. “Kita akan fasilitasi mereka (ABK) untuk menempuh pendidikan yang layak,” kata Fitri.

Nantinya, lanjut Fitri, Pemkot Palembang bakal memberikan bantuan dalam bentuk seragam, buku bahkan hingga di sekolahkan gratis di sekolah-sekolah yang mempunyai program inklusi bagi ABK tersebut. “Saya tidak mau ada anak usia pelajar di Palembang yang tidak sekolah. Pendidikan itu penting. Maka dari itu akan kita fasilitasi mereka,” tegasnya.

Diketahui, Almira sendiri sudah tidak bisa berjalan sejak lahir, sehingga ia terpaksa kemana-mana dengan menggunakan tangan dan lututnya sebagai penopang tubuhnya berjalan. 

Gadis manis berkulit sawo matang ini sempat mengenyam pendidikan sampai kelas VI. “Almira harus sekolah ya, nanti ibu bantu apa yang Almira butuhkan. Ibu juga akan siapkan kursi roda untuk Almira. Janji ya terus sekolah,” ujar Fitri sembari meminta Almira berjanji untuk terus sekolah dengan sama-sama melingkarkan jari kelingkingnya, simbolis perjanjian.