Palembang - Sebanyak 541 peserta yang terdiri dari pelajar- Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Kota Palembang mengikuti seleksi penerimaan seleksi calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Tahun 2018 yang di gelar Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Palembang di SMAN 1 Palembang, Senin (19/3/2018).

Seleksi yang dibuka langsung Pejabat sementara (Pjs) Walikota Palembang Ahmad Najib, akan berlangsung selama tiga hari mulai dari 19 Maret sampai 22 Maret mendatang.

Pejabat Sementara (PJs) Walikota Palembang, Ahmad Najib mengatakan, anggota Paskibraka bukan hanya sekedar sebagai pasukan pengibar dan penurunan Bendera Merah Putih.

Ada makna tersendiri dengan menjadi Paskibraka yakni membangkitkan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memupuk solidaritas persahabatan dengan disiplin yang kuat.

“Adanya seleksi Paskibaraka ini sebagai wujud Pemkot Palembang dalam memberikan arahan bahwa komitmen membangun Palembang perlu peran dari semua,” ungkapnya.

Ia mengatakan, seleksi ini mesti maknai selain untuk memilih pemuda pemudi yang akan menjadi petugas pengibar bendera, namun juga menjadi moment guna meningkatkan integritas pemuda.

“Serap semua materi, banyak belajar, disiplin serta jaga kondisi fisik. Sebab fisik yang prima menjadi penting, semoga seleksi ini mendapatkan peserta terbaik, sehingga nantinya diperoleh calon Paskibraka yang handal dan dapat mengangkat harkat dan martabat pelajar di Palembang,” ujar Najib.

Najib pun berpesan kepada peserta untuk menjadi pribadi pemuda yang baik, contoh dan teladan bagi yang lainnya serta tidak terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik.
Sehingga menjadi kebanggaan orang tua, almamater sekolah serta masyarakat.

“Kita di dalam melaksanakan sesuatu harus dengan spirit dan niat yang ikhlas. Jaga lingkungan sekolah dari bahaya yang mengganggu seperti memecah belah dan merusak masa depan kita,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palembang Ahmad Zazuli mengatakan, jumlah peserta terdiri dari 221 peserta putri dan sisanya peserta putra dari kelas X dan kelas XI. Seleksi ketat dilakukan mulai 19 Maret sampai 22 Maret mendatang, yang mana seleksi dilakukan mulai dari tes tertulis, kesehatan, peraturan baris berbaris (PBB) serta samapta, hingga nantinya diperoleh 34 orang terbaik.

“Sedangkan untuk tim juri sendiri ada dari TNI, Polresta dan purna Paskibraka sendiri,” pungkasnya.