Palembang - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin dan Pelaksana harian (Plh) Walikota Palembang Harobin Mustafa, Rabu (1/8/2018) siang, menjajal langsung Bus Air (BA) Baung.

Bus air bantuan dari Kemenhub yang berjumlah lima unit ini, direncanakan akan dipergunakan untuk menunjang pariwisata sungai di Kota Palembang yang masing masing diberi nama BA Lais, BA Baung, BA Seluang, BA Gabus dan BA Patin.

“Presiden tidak pernah lupa dengan Palembang, terlebih untuk mempercantik Palembang,” kata Budi setiba di dermaga BKB.

Bus air dengan lebar 3,5 m, panjang 12meter ini memiliki dua mesin berbobot 250 x 2 PK dengan kapasitas penumpang 20 orang.

“Ini juga program kerja Presiden RI yang mengingkan setiap transportasi kabupaten dan kota terkoneksi, buktinya hari ini kita serahkan lima unit bantuan bus air,” katanya.

Dengan adanya bantuan lima unit bus air ini, keindahan Sungai Musi akan lebih menonjol saat berwisata sungai.

“Bus air ini akan menambah keindahan Sungai Musi untuk berwisata,” katanya lagi.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI Budi Setiyadi menrincikan, lima unit bus air diperuntukan tiga unit untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, satu unit untuk Pemerintahan Provinsi (Pemrov) Sumsel dan satu unit lagi untuk Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Banyuasin.

“Bantuan bus air itu nantinya akan digunakan untuk menunjang kepariwisataan Sungai Musi guna mensuskseskan perhelalatan akbar Asian Games ,” tegasnya.

Total anggaran satu unit bantuan bus air buatan anak bangsa ini bernilai Rp 2, 2 Miliar.

“Nantinya bus air bantuan ini, untuk Palembang dan Provinsi Sumsel akan digunakan untuk wisata air sedangkan untuk Pemkab Banyuasin akan digunakan mengangkut penumpang jalur sungai dari Banyuasin ke Palembang, dan tarifnya akan disesuaikan oleh pemerintan setempat,tapi saat Asian Games nanti semuanya di operasikan dulu untuk menunjang kesuksesan Asian Games dulu,” jelasnya.

Selain  lima unit bantuan yang telah diserahkan saat ini, ungkap Budi, pihaknya juga akan memberikan bantua 50 unit bus untuk operasional Asian Games nanti.

“ Tanggal 10 ini, sudah tiba di Palembang 50 unit busa bantuan tersebut,” jelasnya