Palembang - Perjalanan kirab obor (torch relay) Asian Games 2018 akhirnya tiba di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Api abadi mendarat di Gelora Sriwijaya, Jakabaring Sport City, yang dibawa 54 penerjun dari Paskhas TNI AU.

54 tim penerjun mendarat sempurna di Jakabaring Sport pukul 08.00 WIB. Sebelum para penerjun mendarat, terlihat pesawat aerobatik TNI AU bermanuver di atas langit Palembang. Setelah mendarat di rumput hijau Gelora Sriwijaya, api abadi Asian Games langsung diterima Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Selanjutnya api diyalakan dan dibawa lari Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Alex Noerdin pun menjadi pelari pertama yang membawa obor Asian Games. Tak sampai 50 meter berlari, api yang dibawa Alex diberikan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Jenderal bintang 4 ini terlihat membawa api menuju jalan raya dengan diikuti oleh ratusan pelari dari TNI-Polri dan warga di Kota Palembang. 

Setelah sampai di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB), Api Obor Asian Games tersebut diserahkan om h Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin kepada Plh Walikota Palembang Harobin Mustofa. 

Kemudian api obor tersebut dibawa menelurusi sungai musi menuju dua destinasi wisata kota Palembang, yakni pulo kemaro dan kampung Almunawar. Dibawanya obor tersebut menandakan bahwa seluruh masyarakat kota Palembang baik di tengah kota maupun pinggiran secara penuh mendukung Asian Games 2018 di Palembang. 

Dalam kesempatan tersebut, Harobin Mustofa menyempatkan diri membawa lari api obor sampai dermagara BKB. Harobin mengaku sangat bangga bisa membawa langsung api obor Asian Games tersebut.  "Ini momen langka dan sangat bersejarah bagi kita masyarakat Palembang, bisa menyaksikan langsung dari dekat api obor Asian Games, dan lebih bangganya lagi, perhelatan Asian Games ini juga digelar di Kota Palembang" Ungkap Harobin. 

Menjelang beberapa hari pelaksanaan Asian Games, Harobin menegaskan Kota Palembang telah siap 100 persen.  "Berkat kerja keras kita semua dan kerjasama yang baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota Palembang, jajaran TNI dan POLRI serta seluruh masyarakat Kota Palembang, kami menegaskan, Kota Palembang siap 100 persen menyambut pesta olahraga terbesar di asia ini" Tegas Harobin.

Harobin mengajak seluruh masyarakat Kota Palembang ikut mendukung pelaksanaan Asian Games.  "Mari kita dukung pelaksanaan Asian Games di Kota Palembang, berikan citra positif bagi para atlet dan tamu yang akan hadir kesini, kita tunjukkan jika Palembang mampu menjadi tuan rumah yang baik" Kata Harobin. 

Setelah menyusuri sungai musi dan berakhir di kampung Almunawar, selanjutnya Api Obor Asian Games ini dibawa dan diinapkan semalam di Rumah Dinas Walikota Palembang.