Palembang - Dinas Komunikasi dan Informatika Palembang meluncurkan aplikasi Hallo Palembang. Aplikasi ini untuk meningkatkan performa layanan serta memuat tentang informasi layanan Pemerintah Kota Palembang dan informasi institusi di luar Pemkot Palembang.

Walikota Palembang H Harnojoyo secara resmi meluncurkan aplikasi ini, Rabu (4/12/2018) di Ballroom Hotel Swarna Dwipa.

Hadir pada acara ini, antara lain, Gubernur Sumsel, Ombudsman RI Perwakilan Sumsel , Kapolda Sumsel, Kapolresta Palembang, tokoh masyarakat, akademisi, dan seluruh pejabat di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Palembang.

Harnojoyo menyambut positif aplikasi Hallo Palembang.

“Dengan aplikasi Hallo Palembang, masyarakat luas bisa lebih mudah dan cepat mencari informasi maupun layanan di Palembang,” kata Harnojoyo.

Di aplikasi Hallo Palembang, tersedia 21 menu. Mulai dari Daftar Acara, Peluang Investasi, Kinerja Kota Palembang, SMS Online Palembang, SMS Online Polresta, Harga Bahan Pokok, Cek Tagihan, Call Center 112, Lapor Warga, Mobil Jenazah, Pemadam Kebakaran, hingga Telepon Sahabat Anak.

“Cukup download aplikasi Hallo Palembang di playstore, kemudian instal, masyarakat dan investor bisa mencari beragam informasi yang dibutuhkan,” kata Harnojoyo.

Ia menginstruksikan semua OPD di lingkungan Pemkot Palembang terus berkoordinasi memaksimalkan aplikasi ini.

“Aplikasi ini akan sia-sia bila tanpa dukungan seluruh OPD. Jadi, harus terus berkoordinasi dan bersinergi untuk memberikan pelayanan yang terbaik, prima dan terkini,” demikian Harnojoyo.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang, Yanurpan Yany, mengatakan, Hallo Palembang merupakan pusat informasi Kota Palembang yang ditujukan untuk menyempurnakan pelayanan publik serta memudahkan masyarakat dalam mengumpulkan informasi terkait pelayanan Pemerintah Kota Palembang dan institusi di luar Pemkot Palembang.

“Aplikasi ini diharapkan menjadi sinkronisasi dari seluruh aplikasi pelayanan yang dilaksanakan OPD Kota Palembang,” ujar Yanurpan.

Ia menerangkan, aplikasi Hallo Palembang adalah perwujudan komitmen seluruh OPD Palembang untuk melaksanakan program Smart City sekaligu tindak lanjut dari terpilihnya Kota Palembang dalam program 100 smart city oleh Kementerian Kominfo RI.

“Selain aplikasi Hallo Palembang sesuai yang diinstruksi Pak Harnojoyo, kita juga memiliki program lain yaitu Restorasi Sungai Sekanak, dan Palembang Tourism Guide. Ketiga program jangka pendek ini merupakan perwujudan 6 dimensi smart city. Yaitu smart living, smary economy, smart people, smart governance, smart mobility, dan smart environment,” Yanurpan menerangkan.

Ia menambahkan, untuk tahap awal ini baru tersedia 21 menu dari 63 unit layanan (OPD, Kecamatan, Badan, Bagian, BUMD) Pemkot Palembang, dan 569 jenis layanan yang dioperasikan oleh 130 administrator melalui sistem informasi satu gerbang (one gate information). Selain itu, akan disiapkan pula informasi dan layanan dari institusi di luar Pemkot Palembang.

“Target ke depan, masing-masing unit layanan di lingkungan Pemerintah Kota Palembang harus sudah mempunyai aplikaai berbasis On Line yang terintegrasi dengan memanfaantkan data bersama aerta berbasia sertifikat elektronik (penggunaan tanda tangan elektronik). Termasuk untuk urusan dan perizinan dan rekomendasi pada layanan tertentu, pejabat yang bersangkutan tidak perlu tanda tangan langsung, tapi cukup dengan tanda tangan secara digital atau elektronik. Sehingga pelayanan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja,” kata Yanurpan pula.