Palembang - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa, Selasa (9/4/2019) sore, kembali melakukan kunjungan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) yang terletak di jalan Merdeka mendapat wejangan khusus, bagaiman cara peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang melampui target yang telah ditetapkan.

“Pertemuan kita hari ini merupakan silaturahmi sekaligus melihat sampai sejauh mana BPPD dalam menerapkan digitalisasi aplikasi sebagai peningkatan pelayanan, salah satunya tapping box,” kata Dewa.

BPPD, kata Dewa, terus menunjukan tingkat kematangannya dalam melakukan pungsinya dalam melakukan pelayanannya dengan berbagai regulasi terus diperbaharui dengan tujuan meningkatkan partisipasi wajib pajak  (WP) untuk membayar pajak.

Salah satu langkah strategis  BPPD, sambungnya untuk meningkatkan pelayanan adalah memiliki aplikasi sebagai tuntutan zaman digitalisasi saat ini  layanan berbasis web untuk memberikan kenyamanan wajib pajak.

“Dari informasi yang disampaikan kepala BPPD tadi ada target 400 titik tapping box yang sudah terpasang sebanyak 224 WP, sisanya 176 WP, nah inilah yang akan jemput bola yang akan dilakukan BPPD,” ungkapnya.

Dengan adanya, aplikasi berbasis online ini, kata Dewa akan banyak sekali manfaatnya, selaian menghindari adanya pertemuan langsung antara dengan WP langsung, aplikasi ini juga WP, dapat merasakan bahwa proses membayar dan melaporkan pajak menjadi proses yang sangat praktis.

“WP tidak lagi terhalang waktu dan tempat karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. selesai melaporkan dan membayar lewat aplikasi ini, pada saat itu juga transaksi Anda diarsipkan,” tegasnya.

Sehingga lanjut Dewa, target Pemkot Palembang untuk mencapai Rp500 miliar dapat tercapai,.

“Kita optimis, kalau kita genjot secara maksimal dari 11 objek pajak yang ada,” katanya.

Termasuk, lanjut Dewa pihaknya sedang menginventarisir objek pajak baru yang potensial.

“Bila perlu jemput bola ke lapangan untuk mengetahui secara pasti, begitu juga dengan dipasangnya tapping box apa sudah betul-betul optimal,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang, Shinta Rahadja mengatakan, dari target 400 titik tapping box yang sudah terpasang sebanya 224 WP, sisanya 176 WP.

“Kita tetap semangat dan optimis untuk mengejar target. Mudah-mudahan bulan ini selesai pemasangan tapping box,” harapnya.

Sedangkan soal komputerisasi dan transparansi, ia meyakinkan jika terdapat pegawai yang Main – Main dengan pajak (nyeleweng pajak, dll) akan langsung di libas (selesaikan).

“Kalau kedapatan ada yang manipulasi kita langsung tidak bukan hanya WP,  utamanya pegawai kita,” pungkasnya