Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Palembang menggelar seleksi penerimaan seleksi calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Tahun 2019. Seleksi yang dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa diikuti ratusan peserta yang terdiri dari pelajar- Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Kota Palembang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palembang, Ahmad Jazuli mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti seleksi di tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang mencapai 600 peserta. Dikarenakan untuk tahun ini penyeleksian telah dilakukan terlebih dahulu di tingkat sekolah masing-masing. . 


"Ada 480 pelajar putra dan putri yang mengikuti seleksi ini selama tiga hari," ungkapnya usai pembukaan, Rabu (10/4/2019). 


Jazuli menjelaskan, seleksi ketat dilakukan mulai hari ini sampai 12 April mendatang, dengan tim juri ada dari TNI, Polresta dan purna Paskibraka. Sedangkan seleksi dilakukan mulai dari tes tertulis, kesehatan, peraturan baris berbaris (PBB) serta samapta. 


"Hingga nantinya diperoleh 36 pasang terbaik,3 pasang diantaranya akan diikut sertakan lagi dalam penyeleksian Paskibaraka tingkat provinsi,” jelasnya. 

Sementara itu Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, mengatakan, anggota Paskibraka bukan hanya sekedar sebagai pasukan pengibar dan penurunan Bendera Merah Putih. Ada makna tersendiri yakni membangkitkan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memupuk solidaritas persahabatan dengan disiplin yang kuat.

Adanya seleksi Paskibaraka ini sebagai wujud Pemkot Palembang dalam memberikan arahan bahwa komitmen membangun Palembang perlu peran dari semua.

Dewa berharap, seleksi ini harus dilakukan setransparansi mungkin. karena selain untuk memilih pemuda pemudi yang akan menjadi petugas pengibar bendera, namun juga menjadi moment guna meningkatkan integritas pemuda.

“Dengan dilakukan secara murni dan sesuai mekanisme diharapkan dapat menghasilkan para pasukan pengibar bendera yang berkualitas dan mumpuni," harapnya