Sebanyak 202 pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dilantik. Rolling dilakukan besar-besaran kepada pejabat struktural, mulai dari eselon II, III dan IV, Jumat (7/2/2020).

Wali Kota Palembang, H Harnojoyo melantik sekaligus berpesan agar Camat yang dilantik wajib mengetahui nama jalan bahkan lorong di lingkungannya.

“Kalau tidak tahu jalan atau lorong di lingkungannya, siap-siap diganti,” kata Harnojoyo usai pelantikan.

Lebih lanjut Harnojoyo menjelaskan, pelantikan ini merupakan penyesuaian nomenklatur, di sekretariat dan beberapa Organsiasi Perangkat Daerah (OPD).

"Jadi terkesan banyak. Padahal ini dilakukan untuk pengisian jabatan kosong. Sekali lagi saya ingatkan," terangnya.

Seperti diketahui, perubahan besar-besaran terjadi di Kecamatan. bahkan, banyak wajah-wajah baru Purna Praja Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) atau IPDN, yang akan mengisi jabatan Camat dan Sekretaris Camat.

Seperti Camat Sako yang diisi oleh mantan Kepala Bagian Humas Setda Kota Palembang, Amiruddin Sandy, SSTP MSi, Camat Seberang Ulu Dua yang diisi Rakhman Hidayat Pane, SSTP, Camat Ilir Barat Dua, Hambali, SSTP dan beberapa wajah lama.

Diakui Harno, memang ada roling besar-besaran yang dilakukan di Kecamatan dan beberapa OPD lain. Hal itu dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja dan penyegaran.

"Rotasi ini merupakan penilaian. Saya berharap pejabat yang dilantik dapat menjaga amanahnya untuk mewujudkan visi - misi Palembang Emas Darussalam 2023," ulasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Drs. Ratu Dewa, MSi menerangkan, pelantikan hari ini tertuang dalam Surat Keputusan Walikota nomor : 821.II/31/BKPSDM-III/2020 tanggal 6 Februari 2020.

Pelantikan merupakan bagian dari peningkatan kinerja dan penyegaran struktural pemerintahan terutama bagi agar para Camat yang baru saja dilantik.

"Hari ini memang banyak Camat. Kita minta sesuai pesan Wali Kota, para Camat yang baru dilantik dapat sering turun ke lapangan, memantau keadaan masyarakat," pungkasnya.