Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Rabu (8/7/2020), menyambangi warga Kelurahan 3-4 Ulu dan Kelurahan 7 Ulu, yang membuat anyaman dari plastik bekas es. 

Kepada para perajin itu, Fitrianti menyatakan apresiasi dan kekagumnnya. 

“Saya sangat terharu, karena masa pandemi Covid-19 ini tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk memanfaatkan waktu dengan memperbaiki ekonomi. Berusaha dan tetap saling memotivasi,” ujar Fitrianti, di Kantor Kecamatan Seberang Ulu Satu. 

Selain anyaman, warga juga memproduksi tikar, tas, keset kaki. 

"Saya sangat terkesan. Terlebih mereka memanfaatkan sampah bekas untuk menghasilkan produk tersebut," kata Fitrianti. 

Dikatakannya, plastik termasuk jenis material yang butuh waktu sangat lama untuk terurai. Karena itu, kreatifitas warga untuk memanfaatkan sampah plastik dan menjadikannya sebagai industri rumah tangga adalah hal yang patut diapresiasi. 

"Saya berkeinginan agar usaha ini berkembang. Oleh karena itu, Pemkot menghadirkan PUPR, Bank Palembang untuk bisa memberikan pinjaman modal tanpa bunga dan agunan yang nantinya bisa dimanfaatkan modal usaha, sehingga dapat berkembang," kata Fitrianti pula. 

Begitu juga untuk pemasaran produk hasil kerajinan, Pemkot bakal mendampingi dan membantu.

"Saya berharap, melalui Dinas Koperasi dan UMKM, Disperindag, untuk terus mempromosikan melalui online. Agar masyarakat Palembang dan luar daerah mengetahui hasil industri kerajinan tangan rumah tangga yang selama ini memanfaatkan limbah sampah menjadi hal-hal berguna dan bermanfaat," demikian Wawako Fitrianti.