Kota Palembang menjadi satu satunya kota di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang mendapatkan API 2019 katagori Wisata Halal Terpopuler yakni Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho dan promosi digital terpopuler website palembang-tourism.com.

Pemberian anugrah yang  digelar Sabtu (22/11/2019) malam di Balairung Soesilo Sudraman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Republik Indonesia penghargaan diserahkan langsung oleh perwakilan KementerianPariwisata dan Ekonomi Kreatif RI kepada Sekda Kota Palembang Ratu Dewa.

Penilaian yang telah dilakukan sejak 1 Juni hingga 31 Oktober, penilaian berdasarkan hasil voting sama seperti tahun tahun sebelumnya.

“Pada penyelenggaraan API  tahun ke-4 ini, kegiatan yang diikuti oleh 34 Provinsi dan 143 Kabupaten/Kota dengan menampilkan 180 nominasi,” kata Ratu Dewa.

Yang termasuk dalam 18 katagori diantaranya, kategori makanan tradisional, wisata olahraga & petualangan, wisata halal hingga surga tersembunyi di Indonesia.

“Pada Anugerah Pesona Indonesia tahun 2019 ini, telah dibentuk susunan Komite Seleksi  yang baru. Dimana Komite Seleksi tersebut terdiri dari para personilnya yang sudah berpengalaman di bidang pariwisata yang mewakili unsur pentahelix (Akademisi, Bisnis, Pemerintah, Komunitas, Media), “ kata Dewa lagi.

Untuk pelaksanaan pemungutan suara (voting) juga dilakukan pengembangan.

Bila sebelumnya hanya menggunakan 2 saluran voting (SMS dan Aplikasi Android), maka untukAPI 2019 akan ditambahkan 1 saluran voting lagi yaitu melalui video (youtube channel).

Sebagai informasi bahwa penggunaan beberapa saluran voting ini dilakukan sebagai upaya dalam menjaga independensi serta dalam upaya memberi kemudahan kepada masyarakat khususnya para wisatawan dalam memberikan pilihan suaranya terhadap paranominasi API 2019.

Pada kesempatan ini disampaikan pula bahwa sebagai rangkaian kegiatan API 2019, panitia penyelenggara juga menyelenggarakan kegiatan API Travel Mart (sebagai ajang pertemuan B2B antara para pelaku pariwisata) dan API Expo (sebagai kegiatan mini festival yang memberi kesempatan kepada Pemerintah Daerah dan juga para pelaku pariwisata dalam mempromosikan produk wisata-nya langsung kepada masyarakat).

Dalam kesempatan yang sama, di sisi lain disampaikan bahwa pemerintah pusat sendiri, dalam hal ini Kemenpar ekonomi kreatif sebagai pihak yang mendukung penuh gelaran Anugerah Pesona Indonesia 2019 , menilai acara ini bisa jadi jembatan untuk masyarakat bisa lebih mengeksplor lebih luas lagi potensi wisata Nusantara